cover
Contact Name
Achmad Choiron
Contact Email
journal.inform@unitomo.ac.id
Phone
+6281332765765
Journal Mail Official
journal.inform@unitomo.ac.id
Editorial Address
Jl. Semolowaru no 84, Surabaya, 60118
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 25023470     EISSN : 25810367     DOI : 10.25139
Inform: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi is One of the journals published by the Informatics Engineering Department Dr. Soetomo University, was established in January 2016. Inform a double-blind peer-reviewed journal, the aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to the field of information and communication technology, Published 2 times a year in January and July. Inform with p-ISSN:2502-3470 and e-ISSN:2581-0367 has been accredited by the Ministry of Research and Technology of the National Research and Innovation Agency of the Republic of Indonesia Number 85/M/KPT/2020 dated April 1, 2020. Accreditation is valid for 5 years Vol.3 No.2 2018 to Vol.8 No.1 2023. Focus and Scope that is Scientific research related to information and communication technology fields, including Software Engineering, Information Systems, Human-Computer Interaction, Architecture and Hardware, Computer Vision, Pattern Recognition, Computer Application and Artificial intelligence, Game Technology, and Computer Graphics, but not limited to informatics scope.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2017)" : 8 Documents clear
Rancangan Sistem Informasi Pegawai Lapangan Rentcar Menggunakan Framework CodeIgniter Parlika, Rizky; Mubarok, Achmad Heidhar; Munir, M. Syahrul
Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.188 KB) | DOI: 10.25139/inform.v2i2.301

Abstract

Pada era Teknologi Informasi yang berkembang cepat seperti dewasa ini, Kebutuhan akan sistem yang terkomputerisasi dalam segala aspek bisnis sangatlah penting. Bisnis Rental Mobil pun memerlukannya dalam segi pengolahan Pegawai Lapangan Rentcar. Selama ini Rental Mobil yang menjadi Studi kasus kami, menunjukkan bahwa dalam mendistribusikan informasi data administrator ke pegawai lapangan tersebut di lakukan secara manual yaitu dengan mendatangi atau menemui ke pegawai yang bersangkutan untuk menyampaikan sebuah informasi. Dengan cara manual tersebut akan memerlukan waktu dan tenaga yang banyak sehingga tidak efektif dalam kinerja pegawai. Adanya sistem komputerisasi yang bisa mendukung dalam menjalankan sistem kepegawaian lapangan dengan mudah, maka penulis ingin memberikan sebuah solusi dengan cara membangun Rancangan Sistem Informasi yang mampu merekap kegiatan Pegawai utamanya yang bergerak di Lapangan agar dapat sinkron dengan Pegawai yang berada dalam bagian administrasi. Rancangan Sistem informasi ini kami bangun menggunakan Framework CodeIgniter (Sebagai MVC), PHP sebagai server side, untuk databasenya menggunakan database MySQL yang dijalankan pada system browser. Pada akhir Uji Coba kami melakukan validasi terhadap rancangan sistem informasi ini menggunakan metode Tabel R dan Kappa Cohen. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Rancangan Sistem Informasi Pegawai Lapangan Rentcar yang terdiri 4 hak akses  yaitu yang hak akses sebagai Koordinator Lapangan, hak akses sebagai Driver, hak akses sebagai Checker, hak akses sebagai Mekanik Bengkel. Keempat Hak akses ini terintegrasi dalam sebuah jaringan online.
Pemodelan Tanaman Virtual Menggunakan Lindenmayer System Suryowinoto, Andy
Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.488 KB) | DOI: 10.25139/inform.v2i2.311

Abstract

Kontribusi komputer dalam bidang grafis berkembang sangat cepat, aplikasinya mulai dari sains, dunia industri manufaktur, medis, hingga militer. Berangkat dari hal tersebut pentingnya pengembangan sistem yang dapat mengurangi waktu saat render dan meminimalkan menggunakan sumber daya perangkat keras computer, sehingga dapat digunakan untuk komputer dengan skala kecil sekelas komputer personal. Menggunakan metode penelitian system development life cycle yang terdiri atas tahap menganalisa dan merancang pada pemodelan tiga dimensi tanaman, khususnya pohon menggunakan algoritma lindenmayer system, dimana penumbuhan percabangan dahan dan ranting, hingga daun, mengambil patokan koordinat objek pada titik percabangan untuk menumbuhkan bagian cabang lain pada pohon. Pada hasil penelitian didapatkan bahwa render dengan jumlah 130,904 vertice render 2 detik, daun segi delapan 2,57 detik, dan bentuk bulat dengan waktu render 3,6 detik. Simulasi pemodelan tanaman virtual tercapai.
Model Warna HSCbCrAB untuk Deteksi Kulit Menggunakan PCA-kNN Afirianto, Tri; Amalia, Faizatul
Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.605 KB) | DOI: 10.25139/inform.v2i2.312

Abstract

Deteksi kulit merupakan suatu proses untuk menentukan suatu wilayah apakah termasuk kulit atau bukan kulit. Beberapa kamera digital menghasilkan citra RGB. Dalam berbagai kasus deteksi kulit dilakukan transformasi dari RGB ke ruang warna lainnya, seperti HSV, YCbCr, dan CIELAB. Beberapa ruang warna memiliki dua komponen yang terpisah, yaitu komponen luminan dan krominan, sedangkan warna kulit manusia lebih sering berada pada komponen krominan. Dalam paper ini, kami melakukan penelitian deteksi kulit menggunakan komponen krominan dari ruang warna HSV, YCbCr, dan CIELAB, dengan nama HSCbCrAB. Kami menggunakan PCA untuk mengurangi dimensi dank NN sebagai klasifier. Hasil dari penelitian menunjukkan performa yang bagus pada ruang warna HSCbCrAB untuk deteksi kulit
Sistem Pendukung Keputusan Siswa Berprestasi SMA Dwijendra Denpasar dengan Metode ANP & Topsis Ardyanti, A.A.A Putri; Purnama, Nyoman; Nyajentari, Ni Luh
Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.47 KB) | DOI: 10.25139/inform.v2i2.313

Abstract

Realizing the competitive school, grade and achievement is one of the mission and vision that should be applied in schools, especially in the person of the student. To realize the desire that every school needs to evaluate, improve further the service good about teaching techniques, assessment, quality assurance in order to make the school about the competitive, quality and achievement. In this case homeroom faced with a problem in the quality assessment of each student according to the desired criteria of the school. Guardian Class and a burden for the many choices in deciding which is more priority and should be compared so that can not be timely in its completion. Guardian Class here to vote counting and determine their own rank 1 to 10 both for class XI IPA U1 and U2 in high school Dwijendra Denpasar. Determination of students can be categorized as cases of multiple criteria because there are several factors that lead to various alternative options with the values are different, so we need a technology determining student achievement by using ANP and combined with TOPSIS to help the Guardian Class manage ratings in order to take decisions appropriately. In the selection of outstanding students ANP implementation of the method used to determine the effect of the relationship between the criteria of independence while TOPSIS method is used to determine perengkingan in student achievement in each class. The selected outstanding students here are students assessed on three criteria, namely the assessment of knowledge, skills, and attitudes. The average value obtained by the students are very influential in determining student achievement. Manual calculations (regular) can be used if students get the average value in each of the same criteria, but if the average value is different then the manual calculation is not the right way diguankan to determine student achievement, because it will produce accounts that are not consistent in determining student achievement.
Monitoring dan Penilaian Tingkat Kesehatan Koperasi pada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali dengan Dukungan GIS Fedlina, Ketut Queena; Susiowati, Rita Dwi; Nirmala, Bagus Putu Wahyu
Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.801 KB) | DOI: 10.25139/inform.v2i2.314

Abstract

The growth of cooperatives in Indonesia today is very fast, especially the growth of cooperatives in Bali. Based on data from the Department of Cooperatives, Micro, Small and Medium Bali Province the number of cooperatives in bali per June 30, 2016 as many as 4934, this is certainly a positive picture for the growth of cooperatives. The development of micro-credit activities undertaken cooperative is also growing very rapidly, but this is not matched by the quality of the performance of the cooperative itself. These conditions encourage the government oversight of credit unions and savings and loans by issuing a decision on guidelines for the rating of the cooperative based on Regulation Supervision Deputy Ministry of Cooperatives and Small and Medium Enterprises of the Republic of Indonesia Number 01 / Per / Dep.6 / IV / 2016. The process of calculating the cooperative health assessment has now been made but there is still a conventional manner using Microsoft Excel so that experienced problems in the calculation and delivery of information on the results. Supervision of the cooperative in question is difficult because the delay of information and the lack of technology used. Computerized system and geographic information system support can be used to assist in the process of assessment of the level of health and also facilitate cooperative Cooperative Agency in monitoring the cooperative in question.
Analisis Implementasi Teknologi Informasi pada Domain Deliver and Support di PT. RDPI Ambarwati, Awalludiyah; Rusady, Rossy
Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.289 KB) | DOI: 10.25139/inform.v2i2.315

Abstract

Abstract— PT. RDPI is a  freight services company. In addition to transportation services PT. RDPI also has a workshop for making tank, tub, and caroseries. PT. RDPI has implemented IT (Information Technology) in its operations. However, it has not taken measurements to determine the effectiveness of IT implementation. This research was conducted to measure IT implementation using COBIT 4.1 on Deliver and Support (DS) domains including five IT process namely DS1, DS2, DS3, DS5, DS10. The research results obtained maturity level value in domain Deliver an Support is 2,924. The value is categorized as Repeatable but Intuitive Level. This can be interpreted that there has been  same procedure and used in completing the task. 
Dampak Penerapan Strategi Perpanjangan Garansi pada Dua Retailer Berbeda untuk Meningkatkan Keuntungan Maksimal Junaedi, Lukman; Ambarwati, Awalludiyah
Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.043 KB) | DOI: 10.25139/inform.v2i2.316

Abstract

Dalam bersaing saat ini, perusahaan yang memproduksi durable product seperti produk elektronik, produk mesin atau alat berat umumnya dijual dengan pemberian garansi sebagai salah satu bentuk layanan purna jual. Garansi merupakan suatu perjanjian kontrak yang diberikan oleh produsen atau retailer terhadap pelanggan yang membeli produk tersebut berupa penggantian atau perbaikan apabila mengalami kerusakan selama masa periode garansi. Produk dengan masa garansi yang lama bisa dijadikan tolak ukur oleh konsumen bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang baik. Pemberian garansi menimbulkan tambahan biaya bagi produsen maupun retailer, yang disebut dengan biaya garansi. Pada penelitian ini akan mengukur dampak terhadap penerapan strategi perpanjangan garansi yang diberikan oleh dua retailer yang berbeda dengan produsen yang sama selaku pemberi garansi dasar kepada pelanggan, dengan metode pengembangan model strategi garansi Bian dan Esmaili. Strategi perpanjangan garansi yang dilakukan produsen berupa menawarkan garansi dasar kepada pelanggan dengan jenis garansi Free Replacement Warranty. Untuk kedua retailer memberikan penawaran pilihan perpanjangan garansi kepada pelanggan; yang pertama memberikan perpanjangan garansi dengan jenis garansi Free Repairment Warranty, dengan biaya garansi dibundel dengan harga produk; kedua tidak memberikan perpanjangan garansi. Hasil pengukuran menunjukkan, strategi dengan perpanjangan garansi oleh retailer memberikan profit supply chain dan profit bagi produsen yang lebih besar daripada yang tidak memberikan perpanjangan garansi.
Sistem Informasi Manajemen Rental Mobil (Studi Kasus : Sewan Id) Tri Suci, Dini Agustia; Inayati, Immah; Darujati, Cahyo
Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.842 KB) | DOI: 10.25139/inform.v2i2.317

Abstract

Sewan ID adalah sistem manajemen rental dan transportasi dibawah naungan PT. Arkusama Indonesia yang berkedudukan di Bekasi dan beralamat kantor di Jalan Abdullah Syafii No. 28C Gudang Peluru-Tebet, Jakarta Selatan. Sewan ID merupakan sistem informasi yang dirancang untuk memudahkan pengusaha rental mobil dalam hal mengelola data master, data transaksi dan laporan. Sewan ID dirancang tidak hanya digunakan untuk satu rental mobil, tetapi dirancang untuk bisa digunakan oleh rental mobil yang lain. Caranya adalah masing-masing rental mobil mendaftarkan akun member di Sewan ID untuk dapat saling terhubung dengan rental mobil lain yang terdaftar di Sewan ID. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem informasi manajemen pada rental mobil yang dapat membantu pengusaha rental mobil dalam memenuhi kebutuhan rentalnya dan dapat memudahkan pengusaha rental dalam mengecek maupun mengontrol bisnis rental dimana saja selama ada jaringan internet. Rancang bangun sistem informasi ini menggunakan metode Object Oriented Programming (OOP) dengan Unified Modelling Language (UML). Output yang dihasilkan dari penelitian ini berupa aplikasi berbasis web

Page 1 of 1 | Total Record : 8